Aku bukan Andrea Hirata

Diposting oleh Haddad Sammir

Aku tidak habis pikir sobat, kau masih saja mengunjungi blog ini. Apa kau tidak dengar kata orang, `si Haddad itu meniru-niru Andrea Hirata'. Kau sudah pernah baca bukunya Andrea Hirata sobat ? Itu Tetralogi Laskar Pelangi, bohong kalau kau tidak tahu!

Ku beri tahu ya sobat, si Haddad itu memang suka meniru. Ingat aku waktu satu sekolah sama si Haddad di SD Baiturrahmah. Dia suka sekali menirukan Ksatria Baja Hitam. Dan yang buat aku jengkel ya sobat, kalau kita main kelahi-kelahian, selalu aku yang jadi monsternya.

Memang tidak beres pikiran si Haddad itu.

Walaupun begitu sobat, si Haddad itu tetap sahabatku. Aku sayang sama bocah ingusan yang sangking lamanya ingusan, sampai-sampai harus dioperasi. Kata dokter dia menderita penyakit `sinusitis'. Begitulah kira-kira, aku kurang jelas juga.

Aku tidak ingin sahabatku itu dihina orang. Jadi baru-baru ini, aku mengirim email ke dia supaya dia berhenti menirukan Andrea Hirata. Nanti dikira numpang beken dia. Tengganglah kata orang kampung. Jangan bikin malu orang Minang.

Tapi dasar pikirannya yang tidak beres, sok paten pulak dia jawab, `sahabatku, bukannya aku ingin menirukan bang Hirata, tapi aku ingin mengangkat budaya kita. Seperti inilah kita bangsa Minang yang berbudaya tutur dihadapkan pada budaya tulis. Blog memang tidak cocok dengan budaya kita. Tapi kalau kau ingin mencocok-cocokkannya, beginilah caranya. Kau harus menulis seakan-akan kau berbicara dengan pembacamu'.

Malu juga aku membaca balasan emailnya. Sok paten kali anak tu!

Sudah lah sobat. Tidak usah terlalu kau pusingkan anak autis itu. Dia menjadi seperti itu pasti karena gagal mendaftar Miss Indonesia. Sekedar kau tahu saja sobat, si Haddad itu pernah mendaftar jadi Miss Indonesia. Tapi sayang seribu sayang, dia gagal mendaftar karena tidak cukup syarat.

Aku tidak habis pikir, kenapa dia tidak cukup syarat ya ? Padahal dia itu cantik, tinggi, langsing, pintar dan berkepribadian. Ah sudahlah ... namanya juga Miss, meleset! *1

~~~

Aku sudah bilang padamu si Haddad itu tidak beres pikirannya, jadi kalau kau tetap ingin mengunjungi blog-nya, kau yang tanggung resikonya sobat.

Hati-hati jangan sampai kau ketularan. Nanti makin banyak saja orang gila di negeri ini.


*1: Menurut Kamus Inggris – Indonesia Oleh John M. Echols dan Hassan Shadily, ` miss ' berarti: nona, hampir kena, tidak menangkap, merindukan, salah menanggapi ... dan banyak lagi lainnya.

1 komentar:

  1. Anonim mengatakan...

    setiap orang mempunyai ciri khas, mungkin saja gaya menulismu kebetulan mirip dengan andrea hirata, jadi anggap saja itu semua hanya kebetulan belaka :D

Posting Komentar